02 Januari 2013

Oliebollen

Selamat tahun baru 2013!

Oliebollen itu salah satu cemilan khas menyambut tahun baru di Belanda. Tradisi makan oliebollen (dulu disebut oliekoeken) di Belanda dimulai dari musim dingin abad pertengahan. Masa itu penduduk mulai dari 25 Desember sampai 6 Januari menjamu tamu dengan oliebollen. Selain murah bahannya, cepat dibuat & mengenyangkan. Mengenyangkan itu penting untuk dasar diperut orang yang minum alkohol selama pesta Yule (asal muasal pesta menyalakan lampu dimusim dingin). Diabad 17 oliekoeken diganti namanya menjadi oliebollen.


Orang Belanda suka sekali oliebollen tapi kebanyakan malas buat sendiri. Alasan yang sering didengar mereka ngga mau rumahnya bau minyak (rumah disini kebanyakan dapurnya terbuka, menyatu ke ruang tamu). Oliebollen dijual dimana-mana, di penjaja oliebollen, bakery dan supermarket. Bahkan menjelang tahun baru banyak sport klub atau klub pramuka yang jual oliebollen untuk cari dana. Harganya sampai kemarin, 31 Desember 2012 bervariasi mulai dari € 0,80 sampai € 1,20 untuk satu oliebol. O ya, oliebollen itu bentuk jamak. Kalau ke Belanda mau beli satu, pesannya 1 oliebol, bukan 1 oliebollen ya nanti penjualnya bingung :-)

Sejak tahun 1993 salah satu koran terbesar di Belanda, Algemeen Dagblad menguji oliebollen. Dengan blind test para penguji mencicipi oliebollen. Kriterianya: tekstur yang seperti roti tapi ringan, tidak berminyak, isi kismisnya cukup, bagian luarnya garing dsb. Nah oliebollen terbaik tahun 2012 di Belanda menurut test ini adalah oliebollen Bakkerij Olink di kota Maarssen.

Sudah lumayan panjang ceritanya, sekarang muncul resepnya. Resep ini saya ambil dari receptennet oliebollen. Semua resep oliebollen orisinil versi Belanda yang saya lihat tidak memakai butter.


Bahan
500 gram terigu
1 pak ragi instan (7 gram)
1 sdm gula
450 susu hangat suam kuku
1/2 sdt garam
1 telur
150 gram kismis
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
Rendam kismis dalam air hangat 5 menit, tiriskan.
Ayak terigu, campur dengan ragi, tempatkan diwadah.
Campur gula, telur, susu dan telur dengan terigu dan ragi. Mix dengan kecepatan sedang.
Tambahkan kismis.
Tutup wadah dengan serbet lembab, biarkan adonan naik 1 jam.
Setelah 1 jam, panaskan minyak goreng.
Cara membentuk oliebollen: Ambil 1 sendok makan adonan, goreng hingga kecoklatan.
Angkat, tiriskan oliebollen diatas kertas minyak.
Hidangkan oliebollen dengan gula halus.

Tips:
Selain kismis banyak variasi isi oliebollen seperti sukade, apel, lemon zest dll.
Ngga suka kismis, oliebollen tanpa isi juga bisa. Disini namanya oliebollen naturel.
Untuk yang tinggal dinegara dingin, supaya adonan bisa naik tempatkan didalam oven temperatur 40 derajat Celsius.
Penjual oliebollen menggunakan scoop es krim untuk menakar adonan. Jadi oliebollennya ukuran besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar