23 September 2011

Classic Baked Cheesecake

Cheesecake itu ada dua macam: dibakar dioven dan tanpa dibakar dioven. Membuat cheesecake dibakar dioven itu satu tantangan tersendiri: bagaimana caranya supaya permukaan kue ngga retak? Setelah 2 kali gagal buat cheesecake cantik, akhirnya ketemu juga resep yang anti retak. Resep Donna Hay ini saya lihat di salah satu masterclass episode MasterChef Australia. Ternyata upaya pertama langsung berhasil. Tip: buat cheesecake itu wajib ikut resep dan jangan ngga sabaran seperti saya yang keseringan periksa permukaan kue sudah kering atau ngga. Akibatnya banyak cacatnya cheesecake perdana yang berhasil ini. Walaupun banyak cacatnya tapi ngga retak sama sekali!



Bahan:
dasar
40 gram amandel bubuk
105 gram terigu
55 gram gula kastor
90 gram mentega dingin, potong kotak-kotak

isi
330 gram keju krim lembut
500 gram ricotta (keju krim Italia)
4 butir telur
280 gram gula kastor (resep aslinya 295 gram)
60 ml sari jeruk lemon (kira-kira dari satu lemon ukuran sedang)
1 sdm kulit jeruk lemon parut
1/2 sdt vanilla ekstrak
1,5 sdm maizena
1,5 sdm air





Cara membuat:
  1. Panaskan oven temperatur 150 derajat Celsius
  2. Buat dasarnya. Campur amandel bubuk, terigu, gula kastor dan potongan mentega disatu wadah. Remas-remas mentega dengan ujung jari sambil dicambur dengan bahan lainnya sampai menjadi adonan.
  3. Alasi loyang bundar spring form diameter 20 cm dengan kertas roti, olesi dengan mentega. Tempatkan adonan dasar dicetakan, ratakan dan tekan dengan belakang sendok makan. Bakar dioven selama 20 menit atau hingga coklat kekuningan. Keluarkan dari oven, sisihkan.
  4. Didalam wadah mix dengan mixer kecepatan sedang (atau dengan food processor) keju krim, ricotta, telur, gula, sari jeruk lemon, kulit jeruk lemon parut & vanilla ekstrak hingga rata. Terakhir tuang campuran maizena dan air, mix hingga adonan ini lembut.
  5. Olesi pinggiran loyang dengan sedikit mentega, tuang adonan isi kedalam loyang. Ketuk adonan supaya gelembung udara hilang. Bakar didalam oven selama 1 jam. Setelah satu jam, matikan oven, biarkan cheesecake didalam oven dengan pintu tertutup selama 1 jam. Ini perlu supaya bagian tengah cheesecake yang masih agak cair akan mengeras.
  6. Keluarkan loyang dari oven, dinginkan. Dinginkan didalam kulkas sebelum disajikan. Classic Baked Cheesecake enak dimakan dengan buah berries (strawberry, blueberry etc.) atau dengan selai yang dipanaskan sedikit (lihat foto).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar