10 Mei 2011

Terung Balado



Terung balado adalah hidangan sederhana yang mudah dibuat dan disukai hampir semua orang Indonesia. Minggu lalu saya menambahkan foto Terung Balado di akun Facebook saya. Ternyata banyak teman-teman saya disana yang menyukai Terung Balado. Banyak variasi resep Terung Balado. Yang saya bagi dibawah ini adalah resep versi saya sendiri.

Bahan
2 terung ungu besar (kira-kira panjang 15 cm)
10 cabai merah
2 cabai rawit (sesuai selera)
6 siung bawang merah
1 buah tomat ukuran sedang, cincang kasar
1/2 sendok teh asam jawa, rendam air hangat
garam secukupnya
gula secukupnya
minyak goreng untuk menggoreng


Cara membuat
1. Cuci terung, potong sesuai selera. Saya pribadi lebih suka ukuran persegi 3 cm.
2. Goreng potongan terung dalam minyak panas hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.
3. Ulek kasar cabai merah, cabai rawit dan bawang merah.
4. Tumis cabai merah, cabai rawit dan bawang merah hingga harum.
5. Tambahkan potongan tomat, sari asam jawa, garam dan gula secukupnya.
6. Setelah bumbu balado tercampur rata, masukkan terung goreng kedalam wajan.
7. Masak selama kira-kira 3 menit.


Porsi: 4 orang


Tip: nenek saya kadang menambahkan telur kocok di bumbu balado sebelum terung masuk kedalam wajan. Patut dicoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar