22 Oktober 2013

Ikan Acar Kuning

Saya suka hidangan ini karena rasanya asam manis, segar dan warnanya yang cerah. Kalau bosan mengolah ikan dengan bumbu rica-rica biasanya saya buat Ikan Acar Kuning.



Bahan
2 ikan ukuran sedang kira-kira 800 gram (saya memakai 2 ikan Mackerel)
1 jeruk nipis
Minyak goreng secukupnya
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 cm laos
5 butir kemiri
2 cm kunyit (saya memakai 1 sdm kunyit bubuk) 
1 daun salam
2 cabai merah
1 wortel kecil iris korek api
1 ketimun kecil
2 cabai hijau iris serong
2 sdm cuka (atau tergantung selera)
2 sdm gula pasir
150 ml air
garam secukupnya

Cara membuat:
1. Bersihkan dan cuci ikan hingga bersih. Lumuri garam dan air jeruk nipis. Panaskan minyak goreng secukupnya, goreng ikan hingga kering. Tiriskan.
2. Haliskan bawang merah, bawang putih, laos, kemiri, kunyit dan cabai merah. Panaskan wajan, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun Salam.
3. Masukkan wortel, ketimun, cabai hijau. Tumis sebentar setelah itu tambahkan ikan goreng, cuka, air, gula dan garam.
4. Masak hingga mendidih. Cicipi kuah apakah sesuai selera asam manisnya. Jika tidak tambahkan cuka, gula, garam secukupnya. 

Tip:
  • Saya pribadi lebih suka sayurnya masih garing. Biasanya dilangkah keempat saya hanya tunggu hingga mendidih sebentar saja setelah itu saya angkat dari api.
  • Bumbu acar kuning ini bisa untuk telur, tahu dan cumi-cumi.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar