17 September 2012

Bruschetta

Untuk penggemar makanan Italia, siapa sih yang tidak kenal Bruschetta? Tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa yang mereka kira Bruschetta itu sebenarnya Crostini. Informasi ini saya dapat dari istri ipar saya yang bapaknya berasal dari Italia. Bruschetta dibuat dari potongan tebal roti artisanal (Ciabatta atau Tiger Bread) yang besar dengan topping Salad, Tomat atau Herbs (Basil, Peterseli). Crostini dibuat dari irisan baguette yang lebih kecil dan tipis ukurannya dari Bruschetta, topping Crostini bervariasi dari campuran jamur, hati ayam cincang maupun ikan anchovis yang dibumbui dengan Rosemary, Oregano atau Sage.


Kunci kedua snack ini adalah roti bakar garing yang diolesi bawang putih dan dibalut sedikit minyak olive. Perbedaan yang paling kelihatan selain topping adalah Bruschetta hanya dibakar disatu sisi (diatas grillpan atau oven bisa) sedangkan Crostini dibakar kedua sisinya (wajib diatas arang). O ya, perbedaan terakhir, Crostini biasanya disantap sebagai makanan pembuka sementara Bruschetta karena toppingnya yang ringan lebih cocok untuk makan siang.

Bruschetta yang Lo Foodie buat untuk post ini adalah salah satu resep dasar, yaitu Bruschetta tomat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya menggunakan bahan yang segar.

Bahan:
1 roti utuh (Ciabatta atau Tiger Bread)
2 siung bawang putih
2 sdm minyak olive
5 buah tomat
daun basil segar secukupnya
garam secukupnya
lada hitam secukupnya


Cara membuat:
  1. Potong tomat kotak-kotak kecil, buang bijinya. Tempatkan dalam wadah.
  2. Cincang daun basil. Campurkan ke potongan tomat, bumbui dengan garam dan lada hitam. Sisihkan.
  3. Panaskan oven 200 derajat Celsius.
  4. Potong roti setebal 1,5 cm.
  5. Iris bawang putih menjadi dua. Olesi satu sisi potongan roti dengan bawang putih. Kelihatannya langkah ini remeh tetapi aroma bawang putih akan melekat diroti.
  6. Atur roti diloyang dengan sisi yang diolesi bawang putih menghadap keatas. Olesi roti dengan minyak olive.
  7. Panggang selama 8 menit hingga roti garing.
  8. Keluarkan roti dari oven, tempatkan topping diatas roti bakar. Jika suka hidangkan dengan sedikit minyak olive.
  9. Bruschetta siap disantap!
Tip:
Tambahkan campuran tomat cincang dengan brocconcini (mozarella berbentuk bola-bola kecil) untuk Bruschetta Caprese

Tidak ada komentar:

Posting Komentar