15 Februari 2012

Rustic Chocolate Truffles

Chocolate Truffles itu adalah cemilan bola-bola kecil ganache, dibalut lapisan coklat lagi dan digulingkan di coklat bubuk. Cara membuatnya gampang dan variasinya ribuan. Bahannya pun terserah selera masing-masing. Ada versi bitter chocolate, milk chocolate & white chocolate. Campuran dalam ganachepun bisa dipilih dari alkohol (Bailey's, Grand Marnier, Rum, Whiskey, Port), rempah-rempah (bubuk kayu manis, bubuk pala, 5 spices), buah kering (kurma, kulit jeruk, kismis) sampai irisan kecil cabe merah! Resep yang saya bagi disini adalah resep dasar Chocolate Truffles dari buku The Great Book of Chocolate tulisan salah satu foodblogger favorit saya, David Lebovitz.
Resep
225 gram bitter chocolate (kandungan coklatnya 50 - 70%)
125 ml cream
50 gram butter
1/2 sdt garam
150 gram milk chocolate
100 gram bubuk coklat

Cara membuat
  1. Pertama buat ganache.
  2. Panaskan cream diatas api kecil hingga mendidih.
  3. Masukkan 225 gram bitter coklat, butter & garam kedalam cream panas. Aduk rata.
  4. Dinginkan, tempatkan dipiring datar. Simpan dalam kulkas selama 3 jam supaya ganache menjadi padat untuk dibentuk.
  5. Keluarkan ganache dari kulkas, bentuk bola-bola kecil. Untuk kesan rustic bola-bola ngga perlu dibentuk rapi.
  6. Simpan lagi dikulkas 30 menit.
  7. Tim 150 gram milk chocolate sampai meleleh.
  8. Celupkan bola-bola ganache kedalam coklat leleh. Tiriskan.
  9. Tempatkan bubuk coklat dipiring
  10. Gulingkan bola-bola ganache diatas bubuk coklat.
  11. Chocolate Truffles siap disantap.
Tip
  • Alkohol, rempah, buah kering dll bisa dicampur kedalam ganache setelah langkah ke 3.
  • Chocolate Truffles menurut saya enaknya dimakan disuhu ruangan. Ada juga orang yang suka Chocolate Truffles dingin dari kulkas.

2 komentar:

  1. Saya suka resep anda. Hari ini saya ingin buat strawberry cupcake dan coba search di google. Saya temukan blog anda, seru sekali isinya. Dan cupcakes nya lezat. Weekend depan saya ingin mencoba buat Rustic Chocolate Truffles dari resep anda ini. Thankyou sooo much for sharing, and God Bless You :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih udah mampir kesini. Mudah-mudahan sukses buat Trufflesnya ya...

      Hapus