14 April 2012

Pandan Chiffon Cake

Salah satu all time favorite cake ini membuatnya tidak sesusah penampilannya. Pertama kali saya membuat cake ini untuk rekan-rekan kerja di kantor mereka (semuanya londo) ngeri melihatnya dan takut makannya karena warnanya. Warna hijau disini identik dengan alert untuk racun kimia. Setelah saya jelaskan bahwa warna hijau itu didapat dari ekstrak daun pandan, baru mereka mau coba. Dan sejak itu kalau saya bawa penganan khas Indonesia yang lebih banyak warnanya pun, mereka makan :-)


Banyak hal-hal dasar yang harus diperhatikan selama membuat chiffon cake ini seperti: memisahkan putih dan kuning telur, kocokan mixer untuk mengocok putih telur halus bebas lemak/air, cara mencampur adonan kuning dan putih telur, temperatur oven, lama memanggang dan mendinginkan kue. Untuk pemula, sebaiknya ikuti resep ini dengan cermat, to the letter.

Resep ini cukup untuk chiffon cake ukuran diameter 18 cm, tinggi 10 cm. Cetakan chiffon cake dasarnya bisa dilepas, dan dipinggir cetakan kadang ada kakinya. Siap? Yuk kita coba buat.

Bahan:
10 telur
1 sdt cream of tartar
1/2 vanila ekstrak
260 gram terigu, ayak
200 gram gula
1/2 sdt garam
6 sdm minyak goreng
150 ml santan
2 sdm pasta pandan


Cara membuat:
  1. Pisahkan kuning dan putih telur. Tempatkan dalam 2 wadah.
  2. Di wadah kuning telur, tambahkan gula, garam, minyak goreng, santan dan pasta pandan. Aduk dengan kocokan kawat hingga tercampur rata. Tambahkan terigu, campur rata. Sisihkan.
  3. Panaskan oven suhu 180 derajat Celsius.
  4. Kocok putih telur 5 - 7 menit hingga kaku. Tambahkan cream of tartar & vanila ekstrak, kocok 1 menit.
  5. Campur putih telur dalam 3 bagian ke adonan nr 2. Aduk pelan-pelan, dari pinggir wadah ketengah, supaya udara di putih telur tidak keluar. Ini penting supaya chiffon cakenya tinggi jadinya.
  6. Alasi cetakan dengan kertas roti yang digunting seukuran cetakan. Basahi cetakan dengan air.
  7. Tuang adonan kedalam cetakan. Hentakkan di meja, supaya adonan tersebar rata.
  8. Bakar di oven selama 50 menit - 1 jam.
  9. Setelah 30 menit bagian atas kue akan cepat berubah warnanya menjadi coklat, apapun yang terjadi jangan buka pintu oven! Memang atasnya kue cepat matang (lihat foto pertama).
  10. Setelah matang, keluarkan kue dari oven. Dinginkan kue dengan cara dibalik, diatas kaki cetakan. Misalnya cetakan chiffon tidak ada kakinya, bisa dinginkan kue dengan cara botol (seperti botol kecap 1 liter). Tempatkan lobang cetakan dileher botol, balik kue. Dinginkan.
  11. Potong-potong sesuai selera.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar